Cara Melakukan Meditasi di Rumah

Cara Melakukan Meditasi di Rumah

Meditasi adalah teknik yang efektif yang telah ada selama berabad-abad. Orang yang bermeditasi secara konsisten menemukan bahwa ada manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Sebagai contoh, segera setelah mereka mulai duduk, para meditator mulai menikmati penurunan stres dan kecemasan, peningkatan kesejahteraan, dan, dalam banyak kasus, peningkatan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Dalam jangka panjang, meditator lebih mampu memahami bagaimana pikiran bekerja dan bagaimana bekerja dengan pikiran mereka.

Sampai baru-baru ini, meditator yang serius umumnya termasuk dalam salah satu dari dua kategori. Mereka bergabung dengan biara atau ashram dan mengabdikan hidup mereka untuk berlatih; atau mereka meninggalkan hiruk-pikuk kehidupan duniawi di belakang dan mencari perlindungan dalam ketenangan para pertapa yang terisolasi. Tetapi kita dapat menemukan cara untuk bermeditasi dalam gaya hidup kita sehari-hari. Namun, saat ini, banyak orang yang menjalani kehidupan aktif – pekerjaan, keluarga, sekolah, dll – bersedia mencurahkan waktu dan energi untuk meditasi karena mereka yakin akan manfaatnya. Beberapa melakukan sesi meditasi harian dalam kelompok, tetapi jauh lebih banyak yang sekarang bermeditasi di rumah.

Apa cara terbaik untuk bermeditasi di rumah?


Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih metode meditasi yang dapat Anda nantikan. Meskipun keteguhan dan disiplin diperlukan untuk latihan, meditasi seharusnya tidak terasa seperti pekerjaan. Dengan metode yang tepat, Anda akan segera dapat menemukan keseimbangan yang sempurna antara terlalu kaku dan terlalu santai.

Berikutnya, berikut adalah beberapa tips bermanfaat:

Berikutnya, berikut adalah beberapa tips bermanfaat


Pikirkan tentang motivasi Anda


Apakah Anda bermeditasi karena Anda ingin mengelola stres, tidur lebih baik, atau mengatasi rasa sakit kronis? Jika demikian, Anda dapat melakukannya dengan baik dengan meditasi terbimbing, meditasi relaksasi, atau nyanyian. Apakah Anda ingin mendapatkan wawasan ke dalam pikiran? Inilah tujuan sebenarnya dari meditasi kesadaran dan kesadaran. Apakah tujuan utama Anda untuk mengembangkan kualitas seperti kesabaran, empati dan kemurahan hati? Meditasi syukur adalah pilihan yang baik (jika Anda bisa melakukan meditasi syukur pagi hari, itu bisa bermanfaat sepanjang hari). Apakah Anda ingin masuk lebih dalam ke hubungan Anda dengan kehadiran ilahi? Meditasi spiritual dapat membawa Anda ke sana.

Ada banyak bentuk meditasi yang valid di luar sana. Ketika Anda tahu mengapa Anda tertarik untuk bermeditasi di rumah, Anda akan tahu mana yang tepat untuk Anda.

Mulai dari yang kecil dan teruskan


Saat belajar cara bermeditasi di rumah, penting untuk memulai dengan sesi kecil yang dapat dikelola. Bahkan tiga menit akan membuat perbedaan. Ini mungkin terdengar sangat singkat, tetapi bagi beberapa pemula, duduk dalam kesadaran selama beberapa menit terasa seperti selamanya. Dimulai dengan sesi singkat juga membantu Anda mendapatkan momentum yang Anda perlukan untuk mempertahankan latihan Anda dalam jangka panjang. Seperti yang disarankan oleh banyak ahli meditasi, kualitas meditasi Anda lebih penting daripada panjangnya.

Pilih waktu yang nyaman dan tempat yang nyaman

Salah satu cara terbaik untuk bermeditasi di rumah adalah menemukan tempat yang tenang dan jauh dari gangguan bising. Pilih waktu yang nyaman bagi Anda. Dini hari adalah waktu favorit abadi untuk bermeditasi karena waktu hari ini umumnya damai dan ada beberapa gangguan.

Anda juga perlu menemukan posisi yang nyaman. Sementara beberapa meditator suka duduk dalam posisi lotus, ada pilihan bagus lainnya. Anda dapat duduk di atas bantal meditasi, kursi atau bahkan sofa, selama Anda merasa nyaman dan Anda dapat duduk tegak. Lakukan yang terbaik untuk menemukan posisi di mana tulang belakang Anda sejajar. Leher dan bahu Anda harus rileks, dan mata Anda bisa setengah terbuka atau tertutup selama sesi meditasi.

Cobalah meditasi yang dibimbing

Karena Anda baru memulai, meditasi terpandu dapat menambahkan struktur selamat datang ke latihan Anda. Aplikasi Mindworks adalah sumber daya lengkap yang menawarkan Meditasi Terpandu, Pembicaraan Pikiran, Piala Harian inspirasional dan banyak lagi, semua dikembangkan dan dikuratori oleh para ahli meditasi yang terkenal secara internasional. Duduklah, pilih dari meditasi yang dipandu, dan nikmati perjalanannya. Mindworks menawarkan periode uji coba gratis dengan semua yang Anda butuhkan untuk memulai.

Fokus

Apapun bentuk meditasi yang Anda pilih, kesadaran akan saat ini adalah kuncinya. Ketika Anda bermeditasi, Anda berlatih untuk menyadari objek meditasi apa pun yang Anda pilih. Akan ada gangguan dalam bentuk suara, bau, sensasi tidak nyaman, ketegangan, gatal, dll. Selain itu, akan ada gangguan yang akan dihasilkan oleh pikiran Anda sendiri: daftar pekerjaan, hal-hal yang seharusnya Anda lakukan atau berkata, hal-hal yang Anda rencanakan untuk lakukan atau katakan, emosi, lamunan … daftarnya tidak ada habisnya.

Untuk membantu pikiran tetap fokus di sini dan sekarang, salah satu cara terbaik untuk bermeditasi di rumah adalah dengan fokus pada proses pernapasan. Sadari respirasi Anda saat menghirup dan menghembuskan napas; gunakan napas sebagai jangkar untuk pikiran Anda. Ketika pikiran-pikiran yang mengganggu itu muncul di kepala Anda, cukup sadari kehadiran mereka dan kembali fokus pada napas. Atau, Anda dapat menggunakan sensasi fisik, suara, atau objek visual sebagai fokus meditasi Anda. Lupakan tentang “mengosongkan pikiran.” Memperhatikan dan kembali adalah inti dari meditasi.

Kebaikan

Trungram Gyalwa, seorang guru meditasi terkenal dari Himalaya, mengajarkan bahwa belas kasih adalah kualitas dasar yang terpatri dalam diri kita semua. Meditasi membantu kita mengendalikan emosi negatif (seperti amarah dan iri hati) dan mengungkap kualitas-kualitas positif seperti cinta dan kasih sayang. Meditasi memberi kita semua alat yang kita butuhkan untuk mengembangkan kebaikan yang sudah ada di dalamnya. Untuk lebih lanjut lihat blog ini oleh Trungram Gyalwa Manfaat Meditasi untuk Pikiran dan Tubuh.